Pages

Senin, 06 Oktober 2014

Mahabarata : Kisah Yang Penuh Makna dan Filosofi (2)



Adalagi tokoh-tokoh Mahabarata yang lain, yaitu...


8. Sangkuni
Dia adalah tokoh antagonis yang selalu menghasut Duryudana dan Destrarastra. Alasannya adalah dia ingin Duryudana lah menjadi calon raja bukannya dari Pandawa, karena Duryudana adalah keponakannya sendiri. Sangkuni sebenarnya memiliki kerajaan sendiri yaitu Gandara namun lebih memilih tinggal di Hastinapura untuk mewujudkan tujuannya.

9. Pandawa
Pandawa merupakan sebutan untuk keturunan Pandu. Mereka terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Di antara mereka yang dikenal kuat dan perkasa adalah Bima dan Arjuna yang dikenal dengan panah saktinya. Mereka berperang melawan pihak Kurawa untuk meminta hak mereka. Pandawa menilai seharusnya Yudistira yang berhak menjadi calon raja selanjutnya karena ayah mereka, Pandu lah yang dinobatkan menjadi raja sebelumnya. Lain dengan  Destrarastra yang tanpa acara penobatan dan dianggap hanya raja sementara.

10. Karna
Karna merupakan anak dari Kunti dengan Dewa Surya. Namun, karena suatu hal yang sangat mendesak, Kunti akhirnya membuang anaknya ini sehingga Karna ditemukan dan diasuh oleh Adirata dan istrinya (kusir istana Hastinapura). Dia berteman dekat dengan para Kurawa dan berada di pihak mereka. Kemampuan memanahnya setara dengan Arjuna. Dia lah yang akhirnya membunuh Gatotkaca dengan panah sakti. Sebenarnya panah itu disiapkan untuk membunuh Arjuna. Namun, dalam Baratayudha, Karna pada akhirnya akan mati terbunuh.

11. Drona
Guru dari Kurawa dan Pandawa. Dia adalah ahli dalam bidang senjata. Namun dia juga dikenal sombong karena hanya mau melatih orang berkasta Ksatriya. Selain itu dia tidak ingin ada orang yang melebihi kemampuan murid-muridnya. Saat Bisma mati dialah yang menggantikannya menjadi pemimpin pasuka Kurawa.

12. Krisna
Bagi umat Hindu dia dianggap jelmaan Dewa Wisnu. Dia muncul di tengah-tengah cerita dan menjadi penasihat bagi pihak Pandawa. Selain itu dia menjadi kusir dari kendaraan Arjuna dalam peperangan.Sebelum menjadi penasehat Pandawa dia mengajukan pilihan ke Kurawa dan Pandawa, memilih dirinya atau para pasukan miliknya. Kurawa memilih pasukan milik Kresna dan Pandawa memilih Krisna. Namun Krisna tidak ikut bertarung dan hanya menjadi penasehat sekaligus kusir.

13. Gatotkaca
Dia adalah anak dari Bima, dikenal kuat dan mewarisi kekuatan ayahnya. Dia adalah anak dari Bima dengan Hadimbi (di Jawa disebut Dewi Arimbi) yang merupakan raksasa yang bisa menjelma jadi  perempuan cantik. Gatotkaca termasuk prajurit terkuat dari pihak Pandawa

14. Srikandhi
Dalam versi asli Mahabarata, Srikandhi bukanlah istri Arjuna. Dia digambarkan sebagai perempuan dengan sifat laki-laki dan ikut perang melawan Kurawa. Dia bekerjasama dengan Arjuna untuk membunuh Bisma yang sangat sulit dilawan. Bisma tidak ingin melawan perempuan saat itulah Arjuna dari belakang Srikandhi melepaskan panahnya.
 
 
Blogger Templates