Pages

Kamis, 16 Oktober 2014

Kepribadian Manusia (1)


Setiap orang memiliki watak dan perilaku yang berbeda-beda. Setidaknya, ada sekitar 9 tipe kepribadian yang kita kenal dalam buku Eneagram terbitan serambi, tapi tidak setiap orang sak-klek berada pada satu kepribadian. Biasanya, mereka terdiri dari 2-3 kepribadian atau bahkan lebih.

1. Tipe Kepribadian Perfeksionis
Orang perfeksionis memiliki keadilan, idealis, kejujuran, keteraturan serta disiplin diri yang tinggi. Namun dia juga memiliki sisi buruk seperti terkadang suka menghakimi, tidak luwes dalam pergaulan, dogmatis, obsesif-kompulsif, dan suka mengkritik orang lain.

2. Tipe kepribadian Penolong
Tipe penolong memiliki motivasi kebutuhan untuk dicintai, dihargai, dan untuk mengekpresikan perasaan positif mereka pada orang lain. Sisi terbaik mereka adalah mengasihi, memperhatikan, berwawasan luas, dan murah hati. Tipe terburuknya, tipe penolong rela berbuat apa saja sehingga mirip seperti martir, manipulatif, posesif,  hiseteris dan sering terpengaruh oleh orang lain.

3. Tipe kepribadian Pengejar Prestasi
Tipe ini memiliki dorongan kuat akan kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan menghindari kegagalan. Sisi positif dari tipe ini adalan optimis, yakin, rajin, efisien, punya inisiatif, energik, dan praktis. Sisi terburuknya, narsistik, kadang-kadang suka pamer, pendendam, dan terlalu kompetitif.

4. Tipe Kepribadian Romantis
Tipe ini dimotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaannya sendiri dan agar dipahami orang lain. Tipe ini sering mencari makna dari kehidupan serta berusaha menghindari citra diri yang biasa-biasa saja. Sisi terbaik tipe ini adalah dia memiliki kehangatan, bebelas kasihan, ekspresif, kreatif, intuitif. Namun, sisi buruknya, mudah depresi, sering dikuasai rasa bersalah, terkadang jadi sok moralis, moody, dan sering tenggelam dalam pikirannya sendiri.
 
 
Blogger Templates