Pages

Jumat, 31 Oktober 2014

Macam-macam jenis keju (1)

Ada berbagai macam varian keju, mulai dari yang keras sampai yang lembut. Walaupun namanya keju, tetapi ternyata tiap-tiap keju memiliki namanya sendiri. Ada kalanya nama keju diambil dari nama tempat dibuatnya, ada juga nama keju yang diambil dari bentuknya. Berikut macam-macam keju yang sering kita temui.



1. Keju Mozarella
Keju Mozarella merupakan keju khas Italia yang sering digunakan sebagai lapisan atas pada pizza. Ciri-ciri keju mozzarella diantaranya adalah elastis, berserabut, dan lunak. Hal ini disebabkan adanya proses pembenaman di dalam bak air panas dan adanya penekanan (working) hingga lunak. Keju ini merupakan keju yang dikonsumsi dalam keadaan segar. Keju Mozarella termasuk kelompok keju “pasta-fillata”, yaitu keju yang dipanaskan dan dilenturkan pada proses pembuatannya. Pemanasan dan pelenturan dilakukan pada suhu 70-850 C tetapi kadang-kadang 670 C.



2. Keju Parmesan
Berasal dari daerah Parma, Italia, keju ini sering dijumpai dalam bentuk bubuk. Teksturnya padat dan agak keras karenan proses pemeramannya cukup lama, bisa bertahun-tahun dan yang pasti aromanya sangat tajam. Biasanya keju ini digunakan untuk taburan dalam pasta, pizza, spageti, macaroni dan juga di sandingkan dengan keju mozzarella yang aromanya kurang kuat.



3. Keju Provolone
Juga berasal dari Italia, dengan jenis pasta filata, bertekstur setengah keras dan berwarna kuning sedikit keemasan. Keju Provolone cenderung memiliki rasa manis tetapi bila dimasak dalam waktu yang lebih lama, akan menghasilkan rasa yang lebih tajam.



4. Keju Havarti
Jenis keju yang satu ini berasal dari Denmark dan berwarna kucing pucat. Seringnya, keju Havarti dijadikan kombinasi untuk bersantap dengan roti lapis, karena terdapat kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga baik bila dipanggang dan meleleh.
 
 
Blogger Templates